Loading..

Perpajakan adalah aspek yang selalu menjadi perhatian utama dalam dunia bisnis. Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita mengenali konsep dasar PPH 21. Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPH 21) adalah jenis pajak yang dikenakan atas penghasilan yang diterima oleh karyawan atau pekerja.Pada 1 Januari 2024 mulai berlaku perhitungan PPh 21 terbaru dengan Tarif Efektif Rata-rata (TER) menurut Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2023 tentang Tarif Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Penghasilan Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, Atau Kegiatan Wajib Pajak Orang Pribadi. Dengan peraturan baru ini, PPh 21 akan menghitung pajak penghasilan karyawan di masa pajak pada bulan Januari hingga November atau selain Masa Pajak Terakhir. Dalam aturan tersebut, pemerintah mengatur PPh 21 yang di potong atas penghasilan pegawai tetap dengan menggunakan tarif bulanan kategori A, B dan C.

a. Kategori A

kategori A diterapkan atas penghasilan bruto bulananyang diterima atau diperoleh penerima penghasilan dengan status Penghasilan Tidak Kena Pajak:
1. tidak kawin tanpa tanggungan;
2. ttdak kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 1 (satu) orang; atau
3. kawin tanpa tanggungan.

b. Kategori B

kategori B diterapkan atas penghasilan bruto bulananyang diterima atau diperoleh penerima penghasilan dengan status Penghasilan Tidak Kena Pajak:
1. tidak kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 2 (dua) orang;
2. tidak kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 3 (tiga) orang;
3. kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak I (satu) orang; atau
4. kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 2 (dua) orang.

c. Kategori C

kategori C diterapkan atas penghasilan bruto bulanan yang diterima atau diperoleh penerima penghasilandengan status Penghasilan Tidak Kena Pajak kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 3 (tiga) orang.

TARIF EFEKTIF HARIAN

Perubahan ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan dan kesederhanaan kepada perusahaan dalam pemotongan PPh 21 karyawan. 

Untuk meningkatkan kemudahakan perusahaan dalam perhitungan pajak, anda juga dapat menggunakan SIINO HR yang telah terintegrasi dan memberikan kemudahan dengan automatisasi dalam perhitungan pajak. Pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah. Perhitungan pajak pada SIINO HR telah mengikuti peraturan pemerintah terbaru, sehingga perusahaan tidak perlu takut salah dalam pemotongan PPh 21 karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

    Ingin Mencoba atau Melihat Demo SIINO HR ?

    Daftarkan perusahaan anda segera untuk segera kami jadwalkan DEMO

    Please prove you are human by selecting the house.